TIK Berbasis Komputer “Pengenalan Hardware dan Software”
Makalah
Disusun guna
memenuhi tugas
Mata Kuliah:
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Dosen Pengampu:
Muhammad Shobirin, M.Pd.
Kelompok 1
Disusun Oleh :
1.
Ahmad
Rizal Habibi (1530210003)
2.
Sofia
Ratna Ristiana (1530210010)
3.
Rif’an (1530210016)
4.
Ahna
Soraya (1530210019)
5.
Nur
Ilmi Sholekah (1530210020)
6.
Ahmad
Siswanti S. (1530210025)
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS (STAIN)
USHULUDDIN
/ ILMU AQIDAH
TAHUN
AJARAN 2017
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Tekonologi
Informasi dan Komunikasi disingkat (TIK) telah berkembang sangat pesat dan
telah memberikan dampak yang nyata terhadap peningkatan mutu pendidikan di
sekolah, khususnya pembelajaran. Kata komputer sudah tak asing lagi didengar oleh
manusia. TIK dan komputer sangat erat hungannya. Komputer merupakan salah satu
alat dalam TIK yang mempunyai banyak kelebihan, termasuk bila dimanfaatkan
dalam pembelajaran. Komputer pada awalnya dibuat hanya untuk meringankan
berbagai tugas yang berkaitan dengan hitung-menghitung saja. Namun, sekarang
komputer sudah menjadi alat yang serba bisa. Kini telah memasuki ke hampir
seluruh apek kehidupan manusia.
Pemanfaatan
komputer dalam pembelajaran memungkinkan peserta didik melakukan interaksi
langsung dengan sumber informasi, mengolah hasil belajar, bahkan mengkreasikan
hasil belajarr agar menjadi lebih menarik dan menyenangkan sehingga dengan
pembelajaran berbasis TIK ini kegiatan pembelajaran akan semakin berkembang.
Meskipun peluang baru yang ditawarkan TIK sangat menarik dan memberikan
harapan, tetap tidak dapat dipungkiri bahwa peran pendidik tetap tidak
tergantikan olehnya. TIK hanyalah alat bantu yang tidak akan berbunyi apa-apa
jika tidak disentuh oleh para pendidik yang kreatif. Oleh karena itu, perlu
pemahaman yang benar tentang penerapan TIK dalam pembelajaran.
Perangkat komputer terbagi atas tiga bagian yaitu hardware (perangkat keras), software
(perangkat lunak), dan brainware . Tanpa adanya hardware, software dan
brainware komputer tidak bisa difungsikan untuk membantu pekerjaan kita.
Komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak ada gunanya. Oleh karena itu ketiga
perangkat komputer tersebut sangatlah penting untuk menjalankan komputer. Akan
tetapi dalam makalah ini hanya mengkaji tentang perkenalan hardware dan software saja. Untuk lebih
jelasnya akan diuraikan dalam makalah ini.
B. Rumusan Masalah
1.
Bagaimana
pembelajaran TIK berbasis komputer?
2.
Apa
yang dimaksud dengan hardware dan apa fungsinya?
3.
Apa
yang dimaksud dengan software dan apa fungsinya?
4.
Bagaimana
merawat hardware dan software komputer?
C. Tujuan Penulisan
1.
Untuk
menjelaskan tentang pembelajaran TIK berbasis komputer
2.
Memberikan
pemahaman kepada pembaca tentang apa itu hardware beserta dengan fungsinya
3.
Memberikan
pemahaman tentang apa itu software beserta dengan fungsinya
4.
Untuk
menjelaskan tentang merawat hardware dan software komputer.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pembelajaran TIK Berbasis Komputer
Teknologi
informasi dan komunikasi, TIK (bahasa Inggris: information and communication
technologies, ICT) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh
peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua
aspek yaitu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi
meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat
bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi
adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk
memproses dan menstransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh
Karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep
yang tidak terpisahkan. Jadi teknologi informasi dan komunikasi mengandung
pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemprosesan,
manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
Kata “komputer” berasal dari Bahasa
Inggris “computer” yang artinya penghitung atau alat yang digunakan
manusia untuk menghitung. Namun dalam perkembangannya, kata komputer mengalami
pergeseran arti dari sekedar mesin hitung sederhana hingga menjadi sebuah benda
yang besar sekali manfaatnya dalam kehidupan manusia modern.[1]
Jadi, komputer
adalah sebuah alat yang dapat mempermudah pekerjaan seseorang dalam mengelolah
data, mulai dari mengelola, menyimpan dan menyajikan data tersebut.[2]
Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang dihubungkan dengan listrik
yang berguna untuk membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah, cepat, dan
akurat. Komputer juga sebagai alat informasi dan komunikasi yang mampu mengolah
data dan menyimpannya. Seiring dengan bertambahnya waktu dan berkembangnya
teknologi, semakin banyak pula jenis komputer akan bermunculan. Meskipun ada
berbagai jenis alat yang bisa digolongkan kedalam komputer, umumnya, orang
mengartikan komputer hanya sebatas personal computer (PC).
Komputer
merupakan jenis media yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera
terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh siswa. Lebih dari itu, komputer
memiliki kemampuan menyimpan dan memanipulasi informasi sesuai dengan
kebutuhan. Perkembangan teknologi yang pesat saat ini telah memungkinkan komputer
memuat dan menayangkan beragam bentuk media didalamnya.
Saat
ini teknologi komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai sarana komputasi dan
pengolahan kata tetapi juga sebagai sarana belajar multimedia yang memungkinkan
peserta didik membuat desain yang rekayasa suatu konsep dan ilmu pengetahuan.
Sajian multi media berbasis komputer dapat diartikan teknologi yang
mengoptimalkan peran komputer sebagai sarana untuk menampilkan dan merekayasa
teks, grafik, dann suara dalam sebuah tampilan yang terintegrafi. Dengan tampilan
yang dapat mengkombinasikan berbagai unsure penyampaian informasi dan pesan, komputer
dapat di rancang dan digunakan sebagai media teknologi yang efektif untuk
mempelajari dan mengajarkan materi pembelajaran yang relevan, misalnya
rancangan grafik dan animasi.
Multimedia
berbasis komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana dalam melakukan simulasi
untuk melatih keterampilan dan kompetensi tertentu. Contoh dari penggunaan
multimedia berbasis komputer adalah tampilan multimedia dalam bentuk animasi
yang memungkinkan mahasiswa pada jurusan eksakta, biologi, kimia, dan fisika
melakukan percobaan tanpa harus berada di laboratorium. Perkembangan teknologi
komputer saat ini telat membentuk suatu jaringan yang dapat memberi kemungkinan
bagi siswa untuk berinteraksi dengan sumber belajar secara luas. Jaringan komputer
berupa internet dan web, telah membuka akses bagi setiap orang untuk memperoleh
ninformasi dan imu pengetahuan terkini dalam bidang akademik tertentu. Diskusi
dan interaksi keilmuan dapat terselenggara melalui tersedianya fasilitas
internet dan web di sekolah.
Pengguna
internet dan web tidak hanya dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap
kegiatan akademik siswa tapi juga bagi guru. Internet dan web dapat member
kemungkinan bagi guru untuk menggali informasi dan ilmu pengetahuan dalam mata
pelajaran yang menjadi bidang ampuannya. Melalui pengguna internet dan web guru
akan selalu siap mengajarkan ilmup engetahuan yang mutakhir kepada siswa. Hal
ini tentu saja menuntut kemampuan guru itu sendiri untuk selalu giat mengakses website
dalam bidang yang menjadi keahliannya. Media dalam pembelajaran memiliki fungsi
sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru. Media jugga
berfungsi untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya
melayani kebutuhan belajar siswa (pola bermedia).
Sementara
itu perangkat komputer bisa dibagi menjadi tiga bagian sebagai berikut,
1.
Hardware
(perangkat keras)
2.
Software
(perangkat lunak)
3.
Brainware
(pengguna)
ü Operator yaitu sebagai pengguna komputer saja
ü Programmer yaitu sebagai pembuat software atau program
ü Sistem analisis yaitu yang menjembatani antara komputer, manusia,
dan program.[3]
B.
Hardware
Hardware
adalah perangkat keras komputer yangdapat dilihat, diraba, atau dipegang.
Perangkat keras
dalam komputer memang benar-benar “ keras “ secara harfiah. Artinya semua
perangkat ini memang bisa dilihat dan disentuh secara fisik. Hardware sering
kita sebut perangkat keras. Ia adalah alat yang digunakan untuk mendukung
teknologi informasi.
Hardware
komputer memiliki komponen yang cukup banyak. Agar mempermudah kita dalam memahaminya
maka dibagi ke dalam 4 kategori yaitu :
1. Perangkat Masukan (Input Device)
Periferal masukan atau input device adalah
perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data atau instruksi ke dalam
CPU (Central Processing Unit) computer sebagai perangkat pemprosesan computer.
Perangkat yang termasuk ke dalam periferal masukan di antaranya sebagai
berikut:
a. Keyboard
Keyboard berfungsi untuk memasukkan data yang akan
diterima oleh komputer. Bentuknya berupa papan dengan tombol-tombol huruf,
angka, tanda baca-tanda baca, dan beberapa tombol yang berfungsi untuk mengirim
perintah kepada komputer. Data yang sudah dimasukkan akan ditampilkan di monitor
komputer.
b. Mouse
Mouse dalam bahasa Inggris, berarti tikus. Apabila diperhatikan mouse
berbentuk mirip tikus. Fungsi mouse adalah untuk menggerakkan pointer dan
memberikan perintah yang akan di sampaikan kepada Central Processing Unit
(CPU). Jika diperhatikan, bila mouse digerakkan maka tanda panah (pointer) pada
layar akan mengikuti gerakan mouse. Mouse memiliki dua tombol utama yaitu
tombol kiri dan kanan. Cara kerja mouse adalah, bola karet mouse yang menyentuh
permukaan saat ,mouse di gerakkan. Berikut adalah perintah umum yang digunakan
dalam mouse :
1. Klik : tekan tombol kiri satu
kali
2. Double klik : tekan tombol
kiri dua kali dengan cepat
3. Klik kanan tekan tombol kanan
satu kali
4. Scrolling : memutar scroll ()
naik ataupun turun
5. Drag : menggeser
mouse sambil menekan tombol kiri
c. Joystick
joystick
merupakan alat masukan yang berfungsi membaca data dengan media mekanis.
Joystick digunakan sebagai alat bantu dalam program permainan computer. Alat
ini pada dasarnya memiliki sebuah tongkat pendek yang dapat digerakkan ke
kiri-kanan dan muka-belakang. Dengan menggerakkan tongkat tersebut maka akan
keluar sinyal pada computer sesuai dengan gerakan tongkat tersebut. Gerakan
inilah yang akan ditampilkan pada layar monitor. Joystick biasa digunakan untuk
mengendalikan operasi permainan (game). Pada prinsipnya sama seperti cara kerja
mouse.
d. Scanner
Scanner atau
pemindai adalah alat bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan
merubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan
dengan bentuk data yang berupa teks.
2. Perangkat Pemprosesan (Process Device)
Proses kerja komputer merupakan satu rangkaian
kerjasama antara beberapa komponen. Kinerja komputer tidak ditentukan atau
didominasi oleh suatu alat, namun paduan dari sejumlah komponen. Dibawah ini
adalah alat-alat proses yang digunakan computer untuk mengolah data.
a. Processor
Processor adalah alat utama yang berfungsi
mengolah data secara digital. Processor sering dijuluki otak computer, biasa
juga disebut IC yang sangat kompleks.
b. RAM (Random Access Memory)
RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer
yang isinya dapat diakses seketika tanpa mempedulikan letak data tersebut dalam
memori.
c. Mainboard
Merupakan papan elektronik untuk meletakkan
berbagai macam komponen komputer seperti processor, RAM, dan komponen lain.
Fungsi mainboard antara lain mengorganisasikan, mengatur dan menentukan alat
yang terpasang pada komputer.
3. Perangkat penyimpanan (storage device)
Dalam proses penyimpanan data, computer
mempunyai perangkat tersendiri dalam menyimpannya. Berikut ini adalah beberapa
perangkat penyimpanan beberapa computer.
a. Harddisk
Adalah media penyimpanan yang terletak di dalam CPU.
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas yang
besar yang dilapisi secara magnetis. Alat ini memiliki piringan keras yang
terbuat dari logam di dalamnya sehingga disebut cakram keras.
b. CD/DVD-ROM
CD/DVD-ROM adaah alat yang digunakan untuk membaca
cakram CD/DVD.
c. USB Flashdisk
Media penyimpanan USB Flashdisk lebih popular disebut
flashdisk. Ukuran yang kecil dan sifatnya yang mudah dibawa membuat flashdisk
menjadi perantara wajib bagi pengguna computer yang harus sering memindahkan
data.
d. Disket
Merupakan media penyimpanan data yang terbuat dari
cakram magnetig (floopy). Kapasitasnya yang kecil yakni 1,44 Mb membuat disket
tidak banyak lagi digunakan pada masa kini kecuali untuk beberapa keperluan
khusus.
4. Perangkat keluaran (output device)
Informasi yang telah diproses oleh komputer
ditampilkan kepada pengguna melalui alat output. Beberapa alat output yang
banyak digunakan dalam sistem computer adalah sebagai berikut :
a.
Monitor
Monitor adalah salah satu komponen penting dalam komputer.
Fungsinya adalah untuk menampilkan gambar, grafik, atau teks yang dapat dilihat
oleh pemakai komputer. Jika komputer tanpa sebuah monitor, bisa kalian
bayangkan apa jadinya. Kalian mengetik sesuatu tetapi tidak bisa melihat
hasilnya. Bila diibaratkan orang, monitor adalah wajahnya. Jadi, komputer tanpa
monitor akan seperti orang yang tidak memiliki wajah.
b.
Printer
Fungsi printer adalah sebagai alat untuk mencetak dokumen yang
berasal dari komputer. Printer membutuhkan media lain untuk mencetak yakni
kertas dan tinta.
c.
Central
Processing Unit atau CPU
d.
Headset
Berfungsi untuk mendengarkan suara dari komputer. Sebenarnya
komputer dapat menghasilkan suara yang akan dikeluarkan melalui Speaker aktif.
Namun pengguna komputer ada juga yang lebih memilih headset untuk menjaga
ketegangan suasana lingkungan sekitarnya atau untuk memperoleh kenyamanan.
Headset dipasang ditelinga.
e.
Speaker
aktif
Speaker (pembicara) adalah alat intervace audio yang dihasilkan
dari proses yang terjadi dalam CPU. Tanpa speaker, data audio yang masuk tak
akan keluar dalam format yang bisa didengar. Speaker aktif memiliki fungsi yang
mirip dengan headset yaitu menghasilkan suara. Namun suara yang dihasilkan
speaker aktif lebih keras dan dapat didengarkan bersama-sama selain oleh
pengguna komputer sendiri.
f.
Media
penyimpanan data (Diskat, CD, dan Flashdisk)
Fungsi diskat, compact disk (CD) dan Flashdisk hampir sama yaitu
sebagai media untuk menyimpan data (tulisan, gambar, suara, video, dll) dari
ketiganya, media yang paling banyak digunakan saat ini adalah flashdisk. Selain
bentuknya yang kecil, ringan serta trendi, flashdisk sangat praktis dibawa dan
mempunyai kapasitas yang besar untuk menampung data.
C. Software
Software
adalah perangkat lunak yang dimasukkan (install) kedalam komputer
sehingga komputer dapat bekerja dan membantu kalian dalam menulis, berhitung,
menggambar, dan lain-lain. Software (perangkat lunak) komputer juga cukup
beragam. Jika kalian mempelajarinya satu persatu, maka akan membutuhkan waktu
yang lama. Untuk itu, disini akan dijelaskan secara singkat beberapa software
yang perlu kalian ketahui beserta fungsinya. Software ini biasanya digunakan
atau dijumpai disetiap komputer. Secara keseluruhan, software dibagi menjadi
dua macam, operating system software dan application software.
1.
Operating
system software adalah
perangkat lunak sistem operasi yang berfungsi untuk mengonfigurasikan komputer
agar dapat menerima berbagai perintah yang akan kalian berikan.
2.
Application
software adalah program yang siap pakai yang
dapat kalian gunakan untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu. Aplikasi ini
dibagi menjadi beberapa jenis. Misalnya :
a.
Untuk
business dan office application, kalian dapat menggunakan
Microsoft Office.
b.
Untuk
database application, kalian dapat mengggunakan Oracle.
c.
Untuk
graphic design application, kalian bisa memilih Corel Draw atau Photoshope.
d.
Untuk
antivirus application, kalian dapat menggunakan AVG, Kaspersky, Avira,
atau antivirus lainnya.
e.
Untuk
web browser application, kalian dapat mengunakan Firefox, Internet
Explorer, atau Opera.[4]
D. Merawat Hardware dan Software Komputer
Komputer ibarat manusia, ia perlu dijaga, dirawat, dan
diperhatikan. Lantas bagaimana cara merawatnya? Kalian dapat merawat komputer
secara sederhana, baik merawat hardware atupun software dengan menerapkan
beberapa langkah berikut. Tipsnya adalah sebagai berikut:
1.
Cara merawat hardware komputer:
a.
Buka
casing (penutup box CPU), kemudian bersihkan debu yang ada disetiap
bagian CPU. Untuk membersihkannya, kalian bisa menggunakan sikat halus (kuas
cat). Kalian dapat melakukan ini setiap enam bulan sekali. Ingat, kalian harus
rutin membersihkan CPU komputer.
b.
Untuk
mengantisipasi terjadi listrik mati secara tiba-tiba, pakailah Stavolt (alat
pengatur arus listrik), atau Uninterruptible power supply (UPS) agar
hardware komputer kalian tidak cepat rusak.
c.
Tempatkan
komputer kalian di ruangan yang ada pendingin ruangan atau AC. Bila tidak ada,
kalian dapat menggunakan sirip pendingin dan cooling fan.
d.
Jauhkan
komputer kalian dari alat yang dapat mengeluarkan medan magnet, seperti hanphone.
e.
Matikan
komputer kalian jika tidak sedang dipakai. Namun jangan mematikan komputer untuk
jangka waktu terlalu lama.
2.
Cara Merawat Software Komputer
a.
Selalu
lengkapi komputer kalian dengan software antivirus. Banyak software antivirus
gratis yang dapat kalian untuk di internet, misalnya AVG free. Hal ini penting
karena mencegah virus lebih baik daripada mengobatinya. Oleh karena itu, siap
sedialah kalian sebelum komputer kalian terserang virus.
b.
Lakukan
Defrag pada harddisk pada komputer kalian. Hal ini supaya proses read
maupun write jadi lebih ringan karena file nya berurutan
c.
Aktivifkan
menu screensaver di monitor.
d.
Lakukan
Uninstall pada beberapa software yang tidak pernah kalian gunakan atau
tidak penting.
e.
Selalu
update (perbarui) software kalian. Beberapa software tertentu biasanya
memiliki menu update software secara otomatis atau manual. Ingat, jika kalian
melakukan langkah ini, komputer kalian harus terkoneksi dengan internet.
f.
Jika
kalian sering meng-instal dan uninstall software, selalu
bersihkan system registry. Gunakan software registry cleaner
untuk membersihkannya. [5]
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Komputer adalah sebuah alat yang dapat mempermudah pekerjaan
seseorang dalam mengelolah data, mulai dari mengelola, menyimpan dan menyajikan
data tersebut. Sementara itu perangkat komputer bisa dibagi menjadi tiga bagian
sebagai berikut,
1.
Hardware
(perangkat keras) yaitu perangkat keras komputer yangdapat dilihat, diraba,
atau dipegang
2.
Software
(perangkat lunak) yaitu perangkat lunak yang dimasukkan (instal) kedalam
komputer sehingga komputer dapat bekerja dan membantu kalian dalam menulis,
berhitung, menggambar, dan lain-lain. Software (perangkat lunak) komputer juga
cukup beragam
3.
Brainware
(pengguna)
DAFTAR PUSTAKA
Yani Ahmad, Panduan Menjadi Teknisi Komputer, Jakarta: PT
Kawan Pustaka, 2008
Aziz Ibnu, Komputer dan Internet, Jakarta: PT Buku Kita,
2010
Juliandi, Pengenalan Dasar Komputer, Bandung: CV Cipta Dea
Pustaka, 2009
Hard Rock Hotel & Casino Pittsburgh - Mapyro
BalasHapusFind your way around the 아산 출장샵 casino, find where everything is located with the 시흥 출장마사지 closest stations to you 과천 출장안마 and 문경 출장샵 where everything is located. With so many of the closest 부산광역 출장안마