Senin, 15 Mei 2017

TIK Berbasis Komputer “Pengenalan Hardware dan Software”
Makalah
Disusun guna memenuhi tugas
Mata Kuliah: TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Dosen Pengampu: Muhammad Shobirin, M.Pd.





 





Kelompok 1
Disusun Oleh :
1.    Ahmad Rizal Habibi    (1530210003)
2.    Sofia Ratna Ristiana    (1530210010)
3.    Rif’an                           (1530210016)
4.    Ahna Soraya                (1530210019)
5.    Nur Ilmi Sholekah       (1530210020)
6.    Ahmad Siswanti S.      (1530210025)



SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS (STAIN)
USHULUDDIN / ILMU AQIDAH
TAHUN AJARAN 2017








BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Tekonologi Informasi dan Komunikasi disingkat (TIK) telah berkembang sangat pesat dan telah memberikan dampak yang nyata terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah, khususnya pembelajaran. Kata komputer sudah tak asing lagi didengar oleh manusia. TIK dan komputer sangat erat hungannya. Komputer merupakan salah satu alat dalam TIK yang mempunyai banyak kelebihan, termasuk bila dimanfaatkan dalam pembelajaran. Komputer pada awalnya dibuat hanya untuk meringankan berbagai tugas yang berkaitan dengan hitung-menghitung saja. Namun, sekarang komputer sudah menjadi alat yang serba bisa. Kini telah memasuki ke hampir seluruh apek kehidupan manusia.
Pemanfaatan komputer dalam pembelajaran memungkinkan peserta didik melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi, mengolah hasil belajar, bahkan mengkreasikan hasil belajarr agar menjadi lebih menarik dan menyenangkan sehingga dengan pembelajaran berbasis TIK ini kegiatan pembelajaran akan semakin berkembang. Meskipun peluang baru yang ditawarkan TIK sangat menarik dan memberikan harapan, tetap tidak dapat dipungkiri bahwa peran pendidik tetap tidak tergantikan olehnya. TIK hanyalah alat bantu yang tidak akan berbunyi apa-apa jika tidak disentuh oleh para pendidik yang kreatif. Oleh karena itu, perlu pemahaman yang benar tentang penerapan TIK dalam pembelajaran.
Perangkat komputer terbagi atas tiga  bagian yaitu hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan brainware . Tanpa adanya hardware, software dan brainware komputer tidak bisa difungsikan untuk membantu pekerjaan kita. Komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak ada gunanya. Oleh karena itu ketiga perangkat komputer tersebut sangatlah penting untuk menjalankan komputer. Akan tetapi dalam makalah ini hanya mengkaji tentang perkenalan  hardware dan software saja. Untuk lebih jelasnya akan diuraikan dalam makalah ini.





B.  Rumusan Masalah
1.      Bagaimana pembelajaran TIK berbasis komputer?
2.      Apa yang dimaksud dengan hardware dan apa fungsinya?
3.      Apa yang dimaksud dengan software dan apa fungsinya?
4.      Bagaimana merawat hardware dan software komputer?


C.  Tujuan Penulisan
1.      Untuk menjelaskan tentang pembelajaran TIK berbasis komputer
2.      Memberikan pemahaman kepada pembaca tentang apa itu hardware beserta dengan fungsinya
3.      Memberikan pemahaman tentang apa itu software beserta dengan fungsinya
4.      Untuk menjelaskan tentang merawat hardware dan software komputer.


















BAB II
PEMBAHASAN

A.  Pembelajaran TIK Berbasis Komputer

     Teknologi informasi dan komunikasi, TIK (bahasa Inggris: information and communication technologies, ICT) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan menstransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh Karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi teknologi informasi dan komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemprosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.          
          Kata “komputer” berasal dari Bahasa Inggris “computer” yang artinya penghitung atau alat yang digunakan manusia untuk menghitung. Namun dalam perkembangannya, kata komputer mengalami pergeseran arti dari sekedar mesin hitung sederhana hingga menjadi sebuah benda yang besar sekali manfaatnya dalam kehidupan manusia modern.[1]
          Jadi, komputer adalah sebuah alat yang dapat mempermudah pekerjaan seseorang dalam mengelolah data, mulai dari mengelola, menyimpan dan menyajikan data tersebut.[2] Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang dihubungkan dengan listrik yang berguna untuk membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah, cepat, dan akurat. Komputer juga sebagai alat informasi dan komunikasi yang mampu mengolah data dan menyimpannya. Seiring dengan bertambahnya waktu dan berkembangnya teknologi, semakin banyak pula jenis komputer akan bermunculan. Meskipun ada berbagai jenis alat yang bisa digolongkan kedalam komputer, umumnya, orang mengartikan komputer hanya sebatas personal computer (PC).
          Komputer merupakan jenis media yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh siswa. Lebih dari itu, komputer memiliki kemampuan menyimpan dan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan teknologi yang pesat saat ini telah memungkinkan komputer memuat dan menayangkan beragam bentuk media didalamnya.
          Saat ini teknologi komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai sarana komputasi dan pengolahan kata tetapi juga sebagai sarana belajar multimedia yang memungkinkan peserta didik membuat desain yang rekayasa suatu konsep dan ilmu pengetahuan. Sajian multi media berbasis komputer dapat diartikan teknologi yang mengoptimalkan peran komputer sebagai sarana untuk menampilkan dan merekayasa teks, grafik, dann suara dalam sebuah tampilan yang terintegrafi. Dengan tampilan yang dapat mengkombinasikan berbagai unsure penyampaian informasi dan pesan, komputer dapat di rancang dan digunakan sebagai media teknologi yang efektif untuk mempelajari dan mengajarkan materi pembelajaran yang relevan, misalnya rancangan grafik dan animasi.
          Multimedia berbasis komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana dalam melakukan simulasi untuk melatih keterampilan dan kompetensi tertentu. Contoh dari penggunaan multimedia berbasis komputer adalah tampilan multimedia dalam bentuk animasi yang memungkinkan mahasiswa pada jurusan eksakta, biologi, kimia, dan fisika melakukan percobaan tanpa harus berada di laboratorium. Perkembangan teknologi komputer saat ini telat membentuk suatu jaringan yang dapat memberi kemungkinan bagi siswa untuk berinteraksi dengan sumber belajar secara luas. Jaringan komputer berupa internet dan web, telah membuka akses bagi setiap orang untuk memperoleh ninformasi dan imu pengetahuan terkini dalam bidang akademik tertentu. Diskusi dan interaksi keilmuan dapat terselenggara melalui tersedianya fasilitas internet dan web di sekolah.
          Pengguna internet dan web tidak hanya dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap kegiatan akademik siswa tapi juga bagi guru. Internet dan web dapat member kemungkinan bagi guru untuk menggali informasi dan ilmu pengetahuan dalam mata pelajaran yang menjadi bidang ampuannya. Melalui pengguna internet dan web guru akan selalu siap mengajarkan ilmup engetahuan yang mutakhir kepada siswa. Hal ini tentu saja menuntut kemampuan guru itu sendiri untuk selalu giat mengakses website dalam bidang yang menjadi keahliannya. Media dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru. Media jugga berfungsi untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa (pola bermedia).
Sementara itu perangkat komputer bisa dibagi menjadi tiga bagian sebagai berikut,
1.      Hardware (perangkat keras)
2.      Software (perangkat lunak)
3.      Brainware (pengguna)
ü  Operator yaitu sebagai pengguna komputer saja
ü  Programmer yaitu sebagai pembuat software atau program
ü  Sistem analisis yaitu yang menjembatani antara komputer, manusia, dan program.[3]

B.  Hardware
Hardware adalah perangkat keras komputer yangdapat dilihat, diraba, atau dipegang.
Perangkat keras dalam komputer memang benar-benar “ keras “ secara harfiah. Artinya semua perangkat ini memang bisa dilihat dan disentuh secara fisik. Hardware sering kita sebut perangkat keras. Ia adalah alat yang digunakan untuk mendukung teknologi informasi.
Hardware komputer memiliki komponen yang cukup banyak. Agar mempermudah kita dalam memahaminya maka dibagi ke dalam 4 kategori yaitu :
1.      Perangkat Masukan (Input Device)
Periferal masukan atau input device adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data atau instruksi ke dalam CPU (Central Processing Unit) computer sebagai perangkat pemprosesan computer. Perangkat yang termasuk ke dalam periferal masukan di antaranya sebagai berikut:
a.       Keyboard
Keyboard berfungsi untuk memasukkan data yang akan diterima oleh komputer. Bentuknya berupa papan dengan tombol-tombol huruf, angka, tanda baca-tanda baca, dan beberapa tombol yang berfungsi untuk mengirim perintah kepada komputer. Data yang sudah dimasukkan akan ditampilkan di monitor komputer.
b.      Mouse
Mouse dalam bahasa Inggris, berarti tikus. Apabila diperhatikan mouse berbentuk mirip tikus. Fungsi mouse adalah untuk menggerakkan pointer dan memberikan perintah yang akan di sampaikan kepada Central Processing Unit (CPU). Jika diperhatikan, bila mouse digerakkan maka tanda panah (pointer) pada layar akan mengikuti gerakan mouse. Mouse memiliki dua tombol utama yaitu tombol kiri dan kanan. Cara kerja mouse adalah, bola karet mouse yang menyentuh permukaan saat ,mouse di gerakkan. Berikut adalah perintah umum yang digunakan dalam mouse :
1.   Klik : tekan tombol kiri satu kali
2.   Double klik : tekan tombol kiri dua kali dengan cepat
3.   Klik kanan tekan tombol kanan satu kali
4.   Scrolling : memutar scroll () naik ataupun turun
5.   Drag : menggeser mouse sambil menekan tombol kiri

c.       Joystick
joystick merupakan alat masukan yang berfungsi membaca data dengan media mekanis. Joystick digunakan sebagai alat bantu dalam program permainan computer. Alat ini pada dasarnya memiliki sebuah tongkat pendek yang dapat digerakkan ke kiri-kanan dan muka-belakang. Dengan menggerakkan tongkat tersebut maka akan keluar sinyal pada computer sesuai dengan gerakan tongkat tersebut. Gerakan inilah yang akan ditampilkan pada layar monitor. Joystick biasa digunakan untuk mengendalikan operasi permainan (game). Pada prinsipnya sama seperti cara kerja mouse.
d.      Scanner
Scanner atau pemindai adalah alat bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan merubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.

2.      Perangkat Pemprosesan (Process Device)

Proses kerja komputer merupakan satu rangkaian kerjasama antara beberapa komponen. Kinerja komputer tidak ditentukan atau didominasi oleh suatu alat, namun paduan dari sejumlah komponen. Dibawah ini adalah alat-alat proses yang digunakan computer untuk mengolah data.
a.       Processor
Processor adalah alat utama yang berfungsi mengolah data secara digital. Processor sering dijuluki otak computer, biasa juga disebut IC yang sangat kompleks.
b.      RAM (Random Access Memory)
RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses seketika tanpa mempedulikan letak data tersebut dalam memori.
c.       Mainboard
Merupakan papan elektronik untuk meletakkan berbagai macam komponen komputer seperti processor, RAM, dan komponen lain. Fungsi mainboard antara lain mengorganisasikan, mengatur dan menentukan alat yang terpasang pada komputer.

3.      Perangkat penyimpanan (storage device)
Dalam proses penyimpanan data, computer mempunyai perangkat tersendiri dalam menyimpannya. Berikut ini adalah beberapa perangkat penyimpanan beberapa computer.
a.       Harddisk
Adalah media penyimpanan yang terletak di dalam CPU. Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas yang besar yang dilapisi secara magnetis. Alat ini memiliki piringan keras yang terbuat dari logam di dalamnya sehingga disebut cakram keras.
b.      CD/DVD-ROM
CD/DVD-ROM adaah alat yang digunakan untuk membaca cakram CD/DVD.
c.       USB Flashdisk
Media penyimpanan USB Flashdisk lebih popular disebut flashdisk. Ukuran yang kecil dan sifatnya yang mudah dibawa membuat flashdisk menjadi perantara wajib bagi pengguna computer yang harus sering memindahkan data.
d.      Disket
Merupakan media penyimpanan data yang terbuat dari cakram magnetig (floopy). Kapasitasnya yang kecil yakni 1,44 Mb membuat disket tidak banyak lagi digunakan pada masa kini kecuali untuk beberapa keperluan khusus.

4.      Perangkat keluaran (output device)
Informasi yang telah diproses oleh komputer ditampilkan kepada pengguna melalui alat output. Beberapa alat output yang banyak digunakan dalam sistem computer adalah sebagai berikut :
a.       Monitor
Monitor adalah salah satu komponen penting dalam komputer. Fungsinya adalah untuk menampilkan gambar, grafik, atau teks yang dapat dilihat oleh pemakai komputer. Jika komputer tanpa sebuah monitor, bisa kalian bayangkan apa jadinya. Kalian mengetik sesuatu tetapi tidak bisa melihat hasilnya. Bila diibaratkan orang, monitor adalah wajahnya. Jadi, komputer tanpa monitor akan seperti orang yang tidak memiliki wajah.
b.      Printer
Fungsi printer adalah sebagai alat untuk mencetak dokumen yang berasal dari komputer. Printer membutuhkan media lain untuk mencetak yakni kertas dan tinta.
c.       Central Processing Unit atau CPU
Central Processing Unit (CPU) adalah bagian komputer yang paling mudah dikenali. CPU adalah salah satu bagian komputer yang utama. Segala proses input-output (“keluar masuk”) yang berkaitan dengan komputer berlangsung dalam CPU. Jika dilihat dari penampakan luar, di “tubuh” CPU inilah terletak cara mengaktifkan (on) komputer. Biasanya tombol on-off di CPU ini ditandai dengan lambang  yang merupakan penggabungan angka 0 yang berarti mati (off) dan 1 yang berarti hidup atau menyala (on). CPU dapat dikatakan sebagai otaknya komputer karena merupakan pusat pengaturan kinerja komputer.
d.      Headset
Berfungsi untuk mendengarkan suara dari komputer. Sebenarnya komputer dapat menghasilkan suara yang akan dikeluarkan melalui Speaker aktif. Namun pengguna komputer ada juga yang lebih memilih headset untuk menjaga ketegangan suasana lingkungan sekitarnya atau untuk memperoleh kenyamanan. Headset dipasang ditelinga.
e.       Speaker aktif
Speaker (pembicara) adalah alat intervace audio yang dihasilkan dari proses yang terjadi dalam CPU. Tanpa speaker, data audio yang masuk tak akan keluar dalam format yang bisa didengar. Speaker aktif memiliki fungsi yang mirip dengan headset yaitu menghasilkan suara. Namun suara yang dihasilkan speaker aktif lebih keras dan dapat didengarkan bersama-sama selain oleh pengguna komputer sendiri.
f.       Media penyimpanan data (Diskat, CD, dan Flashdisk)
Fungsi diskat, compact disk (CD) dan Flashdisk hampir sama yaitu sebagai media untuk menyimpan data (tulisan, gambar, suara, video, dll) dari ketiganya, media yang paling banyak digunakan saat ini adalah flashdisk. Selain bentuknya yang kecil, ringan serta trendi, flashdisk sangat praktis dibawa dan mempunyai kapasitas yang besar untuk menampung data.

C. Software
Software adalah perangkat lunak yang dimasukkan (install) kedalam komputer sehingga komputer dapat bekerja dan membantu kalian dalam menulis, berhitung, menggambar, dan lain-lain. Software (perangkat lunak) komputer juga cukup beragam. Jika kalian mempelajarinya satu persatu, maka akan membutuhkan waktu yang lama. Untuk itu, disini akan dijelaskan secara singkat beberapa software yang perlu kalian ketahui beserta fungsinya. Software ini biasanya digunakan atau dijumpai disetiap komputer. Secara keseluruhan, software dibagi menjadi dua macam, operating system software dan application software.
1.    Operating system software adalah perangkat lunak sistem operasi yang berfungsi untuk mengonfigurasikan komputer agar dapat menerima berbagai perintah yang akan kalian berikan.
2.    Application software adalah program yang siap pakai yang dapat kalian gunakan untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu. Aplikasi ini dibagi menjadi beberapa jenis. Misalnya :
a.       Untuk business dan office application, kalian dapat menggunakan Microsoft Office.
b.      Untuk database application, kalian dapat mengggunakan Oracle.
c.       Untuk graphic design application, kalian bisa memilih Corel Draw atau Photoshope.
d.      Untuk antivirus application, kalian dapat menggunakan AVG, Kaspersky, Avira, atau antivirus lainnya.
e.       Untuk web browser application, kalian dapat mengunakan Firefox, Internet Explorer, atau Opera.[4]



D. Merawat Hardware dan Software Komputer
Komputer ibarat manusia, ia perlu dijaga, dirawat, dan diperhatikan. Lantas bagaimana cara merawatnya? Kalian dapat merawat komputer secara sederhana, baik merawat hardware atupun software dengan menerapkan beberapa langkah berikut. Tipsnya adalah sebagai berikut:
1.      Cara merawat hardware komputer:
a.       Buka casing (penutup box CPU), kemudian bersihkan debu yang ada disetiap bagian CPU. Untuk membersihkannya, kalian bisa menggunakan sikat halus (kuas cat). Kalian dapat melakukan ini setiap enam bulan sekali. Ingat, kalian harus rutin membersihkan CPU komputer.
b.      Untuk mengantisipasi terjadi listrik mati secara tiba-tiba, pakailah Stavolt (alat pengatur arus listrik), atau Uninterruptible power supply (UPS) agar hardware komputer kalian tidak cepat rusak.
c.       Tempatkan komputer kalian di ruangan yang ada pendingin ruangan atau AC. Bila tidak ada, kalian dapat menggunakan sirip pendingin dan cooling fan.
d.      Jauhkan komputer kalian dari alat yang dapat mengeluarkan medan magnet, seperti hanphone.
e.       Matikan komputer kalian jika tidak sedang dipakai. Namun jangan mematikan komputer untuk jangka waktu terlalu lama.

2.      Cara Merawat Software Komputer
a.       Selalu lengkapi komputer kalian dengan software antivirus. Banyak software antivirus gratis yang dapat kalian untuk di internet, misalnya AVG free. Hal ini penting karena mencegah virus lebih baik daripada mengobatinya. Oleh karena itu, siap sedialah kalian sebelum komputer kalian terserang virus.
b.      Lakukan Defrag pada harddisk pada komputer kalian. Hal ini supaya proses read maupun write jadi lebih ringan karena file nya berurutan
c.       Aktivifkan menu screensaver di monitor.
d.      Lakukan Uninstall pada beberapa software yang tidak pernah kalian gunakan atau tidak penting.
e.       Selalu update (perbarui) software kalian. Beberapa software tertentu biasanya memiliki menu update software secara otomatis atau manual. Ingat, jika kalian melakukan langkah ini, komputer kalian harus terkoneksi dengan internet.
f.       Jika kalian sering meng-instal dan uninstall software, selalu bersihkan system registry. Gunakan software registry cleaner untuk membersihkannya. [5]
























BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Komputer adalah sebuah alat yang dapat mempermudah pekerjaan seseorang dalam mengelolah data, mulai dari mengelola, menyimpan dan menyajikan data tersebut. Sementara itu perangkat komputer bisa dibagi menjadi tiga bagian sebagai berikut,
1.      Hardware (perangkat keras) yaitu perangkat keras komputer yangdapat dilihat, diraba, atau dipegang
2.      Software (perangkat lunak) yaitu perangkat lunak yang dimasukkan (instal) kedalam komputer sehingga komputer dapat bekerja dan membantu kalian dalam menulis, berhitung, menggambar, dan lain-lain. Software (perangkat lunak) komputer juga cukup beragam
3.      Brainware (pengguna)















DAFTAR PUSTAKA

Yani Ahmad, Panduan Menjadi Teknisi Komputer, Jakarta: PT Kawan Pustaka, 2008
Aziz Ibnu, Komputer dan Internet, Jakarta: PT Buku Kita, 2010
Juliandi, Pengenalan Dasar Komputer, Bandung: CV Cipta Dea Pustaka, 2009









[1] Juliandi, Pengenalan Dasar Komputer, Bandung: CV Cipta Dea Pustaka, 2009, hal  4
[2] Aziz Ibnu, Komputer dan Internet, Jakarta: PT Buku Kita, 2010, hal 11-12

[3] Yani Ahmad, Panduan Menjadi Teknisi Komputer, Jakarta: PT Kawan Pustaka, 2008, hal 1-3

[4] Ibid hal 21-22
[5] Ibid, hal 23-24

1 komentar:

  1. Hard Rock Hotel & Casino Pittsburgh - Mapyro
    Find your way around the 아산 출장샵 casino, find where everything is located with the 시흥 출장마사지 closest stations to you 과천 출장안마 and 문경 출장샵 where everything is located. With so many of the closest 부산광역 출장안마

    BalasHapus